Sejak tahun 1997 pemerintah Amerika telah mendeklarasikan terjadinya sebuah revolusi industri baru yang akan berdampak pada stabilitas ekonomi global, yaitu sejalan dengan fenomena maraknya bisnis secara elektronik/digital dengan menggunakan internet sebagai medium bertransaksi. Metode bertransaksi ini kemudian lebih dikenal dengan istilah "E-Commerce".
CommerceNet, sebuah konsorsium industri, memberikan definisi yang lebih lengkap yaitu "penggunaan jejaring komputer sebagai sarana penciptaan relasi bisnis. Proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet atau pertukaran dan distribusi informasi antara dua pihak didalam suatu perusahaan dengan menggunakan internet".
Sementara Amir Hartman dalam bukunya " Net-Ready" (Hartman, 2000) secara lebih terperinci lagi mendefinisikan E-Commerce sebagai "suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B) antar instistusi dan konsumen langsung (C-to-C) antara konsumen dan institusi (C-to-B) maupun antar konsumen dan konsumen (C-to-C).
E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut :
- terjadimya transaksi anatar dua pihak
- adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi, dan
- internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online
- Relasi dengan pemasok (supplier)
- Relasi dengan penyalur (distributor)
- Relasi dengan rekanan (partner) dan
- Rekasi dengan konsumen (customer)
Intranet merupkan infrastruktur jaringa komputer yang menghubungkan semua sumber daya manusia, baik manajemen maupun staff, dalam sebuah perusahaan sehingga dengan mudah mereka dapat saling berkomunikasi untuk menunjang aktifitas bisnis sehari-hari.
2. strategi pemasaaran dalam E-commerce
dalam strategi pemasaran, ada 4 faktor utama yang menyebabakan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dalam E-commerce yaitu :
a. Daur hidup produk
b. Posisi persaingan perusahaan dipasar yang memanfaatkan E-commerce
c. Situasi ekonomi
d. Penggunaan media online.
Strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan :
a. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
b. merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian
c. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
d. Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru
Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan :
a. Search Engine
b. Optimalisasi Google Maps
c Kampanye Pay Per Click (PPC)
d. Promosi di media sosial
e. Penggunaan blog
f. Penggunaan video marketing
3. Menggunakan Afiliasi pemasaran untuk mempromosikan website E-commerce
Afiliasi pemasaran adalah usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagang dalam penjualan online. Afiliasi pemasaran telah menjadi kontributor untuk dapat bangkit dari sebagian besar perusahaan online, termasuk Amazon.com, Tokopedia.com, Lazada.co.id, dll.
Manfaat E-commerce secara umum adalah :
a. Perluasan jangkauan geografis, perluasan basis pelanggan
b. Meningkatkan visibilitas melalui Search Engine mmarketing (SEM)
c. Memberikan informasi berharga tentang bisnis anda kepada pelanggan, tersedia selama 24 jam dalam 1 hari / 7 hri dalam seminggu / 365 dalam setahun tidak pernah tutup, membangun loyalitas pelanggan, pengurangan biaya pemasaran dan periklanan, pengumpulan data pelanggan.
2. strategi pemasaaran dalam E-commerce
dalam strategi pemasaran, ada 4 faktor utama yang menyebabakan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dalam E-commerce yaitu :
a. Daur hidup produk
b. Posisi persaingan perusahaan dipasar yang memanfaatkan E-commerce
c. Situasi ekonomi
d. Penggunaan media online.
Strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan :
a. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
b. merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian
c. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
d. Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru
Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan :
a. Search Engine
b. Optimalisasi Google Maps
c Kampanye Pay Per Click (PPC)
d. Promosi di media sosial
e. Penggunaan blog
f. Penggunaan video marketing
3. Menggunakan Afiliasi pemasaran untuk mempromosikan website E-commerce
Afiliasi pemasaran adalah usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagang dalam penjualan online. Afiliasi pemasaran telah menjadi kontributor untuk dapat bangkit dari sebagian besar perusahaan online, termasuk Amazon.com, Tokopedia.com, Lazada.co.id, dll.
Manfaat E-commerce secara umum adalah :
a. Perluasan jangkauan geografis, perluasan basis pelanggan
b. Meningkatkan visibilitas melalui Search Engine mmarketing (SEM)
c. Memberikan informasi berharga tentang bisnis anda kepada pelanggan, tersedia selama 24 jam dalam 1 hari / 7 hri dalam seminggu / 365 dalam setahun tidak pernah tutup, membangun loyalitas pelanggan, pengurangan biaya pemasaran dan periklanan, pengumpulan data pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar